Pages

Subscribe:

Selasa, 05 April 2016

4 Cara Praktis Beli Rumah Tanpa Utang ke Bank

4 Cara Praktis Beli Rumah Tanpa Utang ke Bank 

Kebanyakan orang saat ini berfikir jika ingin memiliki rumah pribadi maka satu-satunya cara adalah kredit atau hutang ke Bank melalui KPR konvensional.

Hanya segelintir orang kaya saja yang memiliki kemampuan membeli rumah secara kontan sehingga tak perlu berurusan dengan Bank dengan konsekuensi bunga kreditnya.

Namun, tahukah Anda ada beberapa langkah praktis yang dapat kita lakukan agar dapat memiliki rumah impian tanpa mengambil cicilan ke bank.

Pertama, menabung dalam bentuk dinar emas.

Masalah klasik seseorang tidak pernah memiliki rumah sendiri adalah harga rumah yang selalu naik. Seolah tak pernah mau menunggu tabungan yang kita kumpulkan terlebih dahulu.

Misalnya, saat ini kita menginginkan sebuah rumah di kawasan strategis di Bogor dengan harga Rp. 450 Juta. Kita pun mulai menabung untuk mendapatkan rumah tersebut. Sekalipun kita bisa mengumpulkan uang Rp. 450 juta sampai 3 tahun ke depan, pastinya harga rumah tersebut sudah melesat naik melebihi tabungan kita tersebut.

Solusinya adalah kita menabung dalam bentuk uang dinar emas. Seperti kita ketahui dinar emas nilainya lebih stabil dibanding mata uang rupiah. Uang 1 dinar emas dari dulu hingga saat ini masih bisa untuk membeli 1 ekor kambing dengan kualitas baik.

Sehingga, jika kita mengumpulkan dinar emas senilai 1 rumah saat ini masih memungkinkan untuk membeli rumah yang sama meski kita harus menabung dahulu hingga 3 tahun ke depan.

Cara praktis ke dua adalah kita berinvestasi di sektor riil.

Jika saat ini kita punya uang Rp. 10 Juta dan berkeinginan memiliki rumah, sementara untuk membayar DP saja tidak cukup. Jangan berkecil hati. Kembangkan saja uang kita tersebut pada bisnis riil. 
Misal kita jadikan uang kita tersebut sebagai modal bisnis pakaian hijab. Jika bisnis tersebut berkembang, maka uang kita akan bertambah hasil dari keuntungan bisnis tersebut.

Sarannya, pilih bisnis riil yang memang sudah berjalan dan terbukti menguntungkan. Mencoba investasi bisnis yang baru mulai tentu memiliki resiko yang cukup tinggi.

Cara ketiga adalah dengan menjadi agen properti.

Agen properti adalah pihak yang membantu memasarkan rumah baik rumah yang baru dibangun oleh developer maupun rumah lama yang dijual oleh pemiliknya.

Komisi yang didapat agen properti cukup besar di kisaran 1-3 % dari harga jual. Dengan ketekunan dan keuletan bukan tidak mungkin seorang agen properti dapat membeli properti dari hasil komisinya.

Selain itu, menjadi agen properti membuat kita memahami seluk-beluk dunia properti. Dari sini, pengetahuan kita tentang properti atau pilihan rumah yang ingin kita miliki nantinya akan bertambah sehingga dapat mempermudah langkah kita memiliki rumah di masa yang akan datang.

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk memiliki rumah tanpa kredit di Bank adalah dengan mencicil langsung ke pihak developer.

Saat ini sudah ada beberapa developer, khususnya developer properti syariah yang membuka opsi cicilan rumah tanpa riba yang dapat dibayarkan langsung ke pihak developer tanpa melalui perantara bank.

Cicilan KPR Syariah melalui mekanisme langsung ke pihak developer ini juga memiliki pilihan jangka waktu yang dapat disesuaikan dengan kemampuan kita, seperti selama 1 tahun, 5 tahun bahkan ada yang sampai 15 tahun.

Anda mau pilih cara yang mana? Semoga Anda dimudahkan untuk segera mendapatkan rumah impian Anda tanpa berurusan dengan bunga bank nan haram. Aamiin.


0 komentar:

Posting Komentar